Minggu, 21 Maret 2010

DINAS JAGA LAUT

Tanggung jawab seorang mualim / nakhoda di atas kapal
Tugas jaga di laut adalah pengaturan dinas jaga laut di kapal dilaksanakan sebagai berikut :
Jam 00.00 - 04.00 Jaga larut malam (Dog Watch) -Mualim II
Jam 04.00 - 08.00 Jaga dini hari (Morning Watch) -Mualaim I dan IV
Jam 08.00 - 12.00 Jam jaga pagi hari (Forenoon Watch) -Mualim III
Jam 12.00 - 16.00 Jam jaga siang hari (Afternoon Watch) -Mualim II
Jam 16.00 - 20.00 Jam jaga sore hari (Evening Watch) -Mualim I dan IV
Jam 20.00 - 24.00 Jam jaga malam hari (Night Watch) -Mualim IIIKecuali diatur oleh Nakhoda, maka penjagaan biasanya dilakukan seperti tertera pada daftar di atas. Pertukaran jaga dilakukan dengan menyerah terimakan jaga dari perwira jaga lama kepada penggantinya. Perwira jaga baru akan di bangunkan 1/2 jam sebelumnya. Setelah berada di anjungan harus melihat haluan kapal, lampu suar perintah Nakhoda, membiasakan diri dengan situasi yang ada. Mualaim yang diganti dengan menyerahkan jam jaganya dengan memberikan informasi yang diperlukan seperti posisi akhir, Cuaca, kapal lain dan hal - hal lain yang dipandang perlu.Sebagai Catatan, Mualim jaga setelah selesai jaganya harus meronda kapal, terutama pada malam hari misalnya pemeriksaan peranginan palka, kran - kran air, cerobong asap, lashingan muatan dan lain - lain.TUGAS MUALIM JAGA DI LAUT
Memeriksa posisi kapal, Kesalahan Kompas, haluan yang di kemudikan dan semua peralatan navigasi di anjungan.
Memeriksa keadaan keliling, perairan, benda - benda navigasi, kapal dan lain - lain
Membawa kapal dengan selamat sesuai dengan peraturan nasional maupun internasional dalam penyimpangan.
Memangamati dengan baik dengan panca Indra keseluruhan kapal dan sekitarnya serta bertindak yang sesuai.
Melaporkan kepada Nakhoda jika terjadi situasi meragukan. TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB MUALIM JAGA
Menjaga keamanan dan keselamatan kapal, penumpang, muatan antara lain : menentukan posisi kapal secara rutin, melashing muatan dan lain - lain.
Menjalankan perintah Nakhoda antara lain : tidak dikenankan meninggalkan anjungan tanpa diganti mualim yang lain atau Nakhoda, pada lazimnya Nakhoda telah membuat " Standing Orders" yang harus dilaksanakan oleh semua mualim.
Menjalankan peraturan pada saat itu antara lain : melakukan tindakan berjaga - jaga yang baik sesuai aturan - aturan yang ada di dalam P2TL dan lain - lain.
Berko'ordinasi dengan perwira jaga mesin (masinis jaga).
Dalam situasi darurat harus memberitahukan kepada Nakhoda

Minggu, 07 Maret 2010

CARA MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL

1.membuat data berurut
.ketik 1 disel pertama
.tekan tombol controldi keyboard
.arahkan panah mouse ke sudut kanan bawah sel yang berisi angka 1
.klik kiri mouse tahan
.tarik kebawah sebanyak nomor urut yang di gunakan
2.merge cell
.blog merge yang akan di sel
.klik ikon merge dan centre
3.mencari jumlah
.ketik(
.sum
.blog nilai yang akan di junlahkan
.ketik)
.ketik yombol entre

Sabtu, 06 Maret 2010

Bumi adalah suatu benda yang bergerak bebas diruang agkasa yang berbentuk bola.yang mengitari serta berputar pada porosnya sekali putar dalam jangka waktu 23 jam 56 menit 4 detik.
Bukti dari bola:
a)melengkung dari arah utara-selatan,dan timur barat.
b)Apabila kita mendekati suatu benda,maka yang akan nampak terlebih dahulu adalah bagian atasnya,kemudian bagian -bagian bawahnya.
c)Ditengah laut batas bagian yang nampak bagian bumi berbentuk lingkaran .
d)Pada waktu terjadi gerhana bulan,terlihat bayangan buni di atanya berbentuk lingkaran.
DEFINISI-DEFINISI LINGKARAN DI BUMI
1)Poros bumi :gari menegah bola,keliling mana bumi berputar dalam satu hari melalui pusat bumi yang juga sumbu putar bumi
2)kutub-kutub adlah titil potong poros bumi dengan permukaan bumi
3)katulistiwa adlah lingkaran besar pada jarak 90"tegak lurus dari kutub -kutub.irisan permukaan bumi dengan bidang yang melalui titik pusat bumi tegak lurus poros bumi.
4)Lingkaran besar adalah lingkaran besar yang membagi bola menjadi 2 sama besar
5)Lingkaran kecil adalah lingkaran yang membagi bola menjadi tidak sama besar
6) dereajah adalahligkaran - lingkaran besar yang melalaui kutub utara dan kutub selatan
PETA LAUT
Untuk mengambarkan permukaan bumi atau sebagian dari padanya di perlukan globe dan peta -petanya
Globe :Bola, dalam mana letak berbagi titik pada permukaan bumi satu sama lain di berikan dalam perbandingan yang sebenarnya.
Peta : gambaran bumi atau gambaran sebagian permukaan bumi pada bidang datar.
Skala : perbandingan antara suatu garis di peta dan panjang garis tersebut di bumi.
Rangka peta : adlah susunan dari derajah derajah dan jajajr_jajar di mana peta -peta itu di lukiskan di dalamnya.
SYARAT-SYARAT JARINGAN PETA
Equivalen : berbagai luas -luas diberikandalam perbandingan yag benar
Equidistan : jarak-jarak di hitung dari suatu titik tertentu di berikan dalam perbandingan yang benar
Conform : sudut-sudutpada bola bumi merpindah didalam peta tanpa mengalami perubahan.
SYARAT-SYARAT PETA BAGI PETA LAUT
Peta -peta harus memenuhi syarat -syarat pokok ialah :
1)Garis haluan (loxodrom)harus merupaka garis lurus karena saling memotong pada sudut-sudut 90 '
2)Peta harus sama bagun karena sudut -sudut di bumi harus berpindah ken penta tanpa perubahan.
Peta yang memenuhi kedua syarat tersebut disebut peta bertumbuh,akibatnya:
a)derajah merupakan gari lurus
b)jajar-jajar merupakan garis lurus .
c)tiap derajah tegak lurus tiap kapal.
d)Derajah -derajah harus sejajar satu sama lain.

SYARAT-SAYARAT PETA SETEROGRAFIS
1)sudut-sudut pada bola bumi beralih pada peta .tanpa perubahan
2)Lingkaran -lingkaran pada bola bola bumimenjadi lingkaran pula dalam peta .
Keadaan istimewa :
a)Peta stereo grafos lutub : adalah bidang singgug pada kutub .
b) Peta stereografis katulistiwa : adalah bidang singgung pada katulistiwa.
PETA LINGKARAN BESAR
1)Sifat -sifat peta lingkaran besar :
a) proyeksi dari lingkaran besar merupakan garis lurus.
b)Derajah-derajah dan khatulistiwa merupakan garis lurus.
c)derajah-derakah berkumpul du kutub.
d)derajah dan titik singgung tegak lurus khatulistiwa dan jajar-jajar.




























































































































Jumat, 05 Maret 2010

ILMU PELAYARAN ASTRONOMI

Ilmu peleyaran astronomi adalah ilmu yang mempelejari penentuan posisi kapal dengan bantuan pengukuran tinggi benda angkasa.
Tiggi sejati adalah busur lingkaran tegak yang melalui benda angkasa antara cakrawala setempat dan titik pusat benda angkasa.
Tinggi ukur adalah tinggi yang di baca pada kisaran "sextant"di perbaiki dengan koreksi sertifikat,koreksi indeks dan kesalahan kaca berwarna.
Tepi langit maya adalah batas bagian permukaan bumi yang masih terlihat penilik.
Cakrawala horizontal adalah bidang melalui mata si penilik sejajar dengan cakrawala sejati.
Cakrawala sejati adalah bidang yang melalui pisat angkasa tegak lurus normal penilik.
Normal adalah garis melelui pusat angkasa tegak lurus terhadap horizontal.
kedudukan tepi langit sejati adalah sudut antara tepi langit sejati dan cakrawala setempat.
Kedudukan tepi langit maya adalah sudut antara tepi langit maya dan cakrawala setempat.
titik lintag adalah titik potong antara jarak tinggidengan meredian yang melalui tempay duga.
Titik bujur adalah tititk pontong antara jajar tinggidengan jajar yang mrlrlui tempat duga.
posisi lintang teleh di ketahui dari lintag duga sedangkan bujur di ketahui dengan perhitungan memakai metode shumer.
Dengan aggaban bahwa sebuah garis tinggi merupakan sebagian dari lengkung tinggi yang menjadi (line of position)maka kita telah melekukan kesalahan sbb :
1) Garis PB-TD seharusnya menggunakan lingkaran besar.
2)Azimut di lukis dan di perhitungkan dari TD.
3)Garis tinggi di lukis drngan garis lurus.
PEGGUNAAN TITIK LINTANG
1) jika benda angkasa berada dimeredian penilik.
2)jika di pakai observasi bintang polaris.
3)